Pages

Sabtu, 05 Mei 2012

Supermoon



Biasanya sih, ketika mendengar bulan purnama akan datang, orang-orang dan manusia serigala (werewolf) menjadi sangat bersemangat untuk menunggu purnama itu datang, tak terkecuali para pencinta purnama seperti saya.

Kabar baik untuk para moon lover. Menurut waktu Amerika Serikat, maka tanggal 5 Mei 2012 akan menjadi hari "purnama terbesar tahun ini". Tapi berdasarkan penanggalan kalender, tgl 6 Mei lah hari itu. Purnama akan terlihat di Eropa, Timur Tengah, Afrika, dan Asia di tanggal 6 Mei.


Saat di bangku sekolah, kita belajar bahwa orbit bulan berbentuk elips. Ketika Bulan berada di jarak terdekat dengan Bumi, di saat itulah kita melihat purnama terbesar. Tahun lalu purnama yang terdekat dan terbesar terjadi pada tgl 19 Maret 2011. Para ahli astronomi menggunakan istilah "supermoon". Seorang astrologer, Richard Nolle, dari website nya astropro.com, mendefinisikan supermoon:


"...a new or full moon which occurs with the moon at or near (within 90% of) its closest approach to Earth in a given orbit (perigee). In short, Earth, moon and sun are all in a line, with moon in its nearest approach to Earth."


Jadi, tgl 6 Mei, kita berkesempatan untuk melihat Bulan pada posisi terdekatnya dengan Bumi. Semoga saja cuaca baik, dan langit bersih dari awan :)

 Happy moonlighting!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar